Tuesday 2 November 2010

pencak silat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Sekaolah : SMAN 8 Pontianak
Mata Selajaran : Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas/Semester : IX (ganjil)
Pertemuan : I (pertama)
Alokasi Waktu : 30 menit ( I X pertemuan )
Standar Kompetisi : Mepraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga,dan
Nilai-nilai yang terkandung di dalam nya

Kompetensi dasar : Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga
Perorangan bela diri serta nilai kerja sama tim,kejujuran,percaya diri, Dan menghormati lawan

Indikator : Melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik dan benar sesuai dengan materi yang akan kita pelajari dalam bela diri

A TUJUAN PEMBLAJARAN
Pertemuan I
Setelah pemblajaran ini,peseta didik di harapkan dapat:
1. Melakukan teknik dasar pukulan di tempat,dengan benar
2. Melakukan teknik dasar serangan dengan tangan dari depan dan samping dengan benar
B MATERI PEMBELAJARAN : PENCAK SILAT
1. Posisi tangan pada saat melakukan serangan
Tangan harus mengepal, setengah mengepal dan tangan terbuka (ujung jari , telapak tangan dan sisi tangan dan punggung tangan ) dalam hal ini posisi tangan harus dalam keadaan tangan seperti yang disebut diatas. Agar saaat mengenai lawan lawan bisa tumbang atao roboh karaapuulan kita benar.
2. Serangan dengan tangan
- Sodok
- Sodok rencong
- Tebang melumah
- Gesut
- Samplak
- Tebang mengkurep
C METODE PEMBLAJARAN
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. penugasan dan tanya jawab

D LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegitan pendahuluan (5 menit)
. para peserta didik Berbaris, berdoa, presensi, dan pemanasan
. Memberikan motivasi dan mejelaskan tujuan pembelajaran, di antara nya:

X X X X X X X X

X X X X X X X X

X X X X X X X X



O

Keterangan :
( X ) = Siswa
( O ) = Guru


- Teknik dasar gerakan pukulan
- Gerakan rangkaian pukulan
2. Kegiatan inti ( 15 menit)
Pada proses pembelajaran teknik dasar pukulan dalam pencak silat dapat di lakukan beberapa cara yaitu:
a. Sodok
Posisi tangan harus lurus dan saat melakukan sodok harus dengan tenaga agar pada saat pemukulan bisa menumbangkan lawan. menggunakan lengan dengan tangan mengepal tenaga agar besar dilakukan dari bahu agar bisa memperoleh tenaga yang maksimal, lintas nya lurus kedepan.dalam hal ini peserta didik harus serius agar cepat bisa.

b. Sodok Rencong
Menggunakan lengan dengan tangan mengepal, lintas nya kearah samping badan .


c. Tebang mulumah
menggunakan satu atau dua telapak tangan terbuka dengan kenaannya sisi telapak tangan dalam.posisi yan di incar kita adalah leher.
.

d. Gesut
Menggunakan lengan dengan tangan mengepal, lintas nya dari atas kebawah dengan kenaannya kepala tangan terbalik.

e. Samplak
Menggunakan satu tangan mengepal, lintasannya dari dalam keluar kearah samping. Dasar kenaan nya adalah pinggang dengan posisi kaki kuda-kuda serng kanan ataupun kiri. Agar posisi kita tetap terjaga dan siap bila ada serngan balek.


f. Tebang kurep
Menggunakan satu atau dua telapak tangan terbuka dengan kenaannya sisi telapak tangan luar dan sasaran leher.


Skenario pembelajaran

Cara : Melakukan dasar pukulan melalui depan dan melalui samping di lakukan secara perseorangan dan kelompok yang di awali dengan sikap-sikap
Pada proses pembelajaran dapat di gunakan strategi pelaksanaan dengan mengunakan model penugasan dan respirokal/timbal balik. Sebagai berikut:
Strategi pelaksanaan denagan menggunakan model tugas/penugasan
- Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan
Indicator tugas gerak.
- Peserta didik mempelajari tugas ajar dan indicator keberhasilan nya.
- Peserta didik memperkirakan waktu yang di perlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar.
- Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah di tentukan sendiri.
- Bagi peserta yang belum mampumencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktu nya, maka mereka di beri kesempatan untuk memperbaiki target waktu .
- Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai targat belajar sesuai dengan alokasi waktu nya, maka mereka di beri kesempatan mencoba tugas berikut nya.
- Bagi peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka di beri kesempatan untuk mencoba tugas berikut nya.
Strategi pelaksanaan denagn menggunakan model respirokal/timbal balik
- Guru mengatur peserta didik agar berpasang-pasangan .
- Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indicator tugas gerak kepada setiap pasangan.
- Peserta didik mempelajari tugas gerak dan indicator keberhasilan nya.
- Peserta didik membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat.
- Peserta didik melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indicator yang telah di tentukan.


E. PENUTUP ( 5 menit )
Para peserta didik melakukan Pendinginan,berbaris 3 saf, evaluasi proses pembelajaran yang telah diberikan tadi dengan memberikan contoh yang baik dan berpesan agar siswa mau mempelajarinya dirumah, berdoa dan salam olahraga..

X X X X X X X X
X X X X X X X X
X X X X X X X X

O
Keterangan
( X ) = Siswa
( O ) = Guru

F. Media atau alat
- Ruang terbuka yang datar dan aman” lapangan atao aula”
- Buku teks
- Buku referensi, pendidikan jasmani, olahraga dan kesenian kelas VII Jakata : Erlangga
- Buku bahan ajar: pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
- Peluit

G. PENILAIAN
Indikator Teknik penilain Bentuk instrumen Instrumen
> melakukan teknik dasar pukulan
>gerak rangkai Teknik praktik
( kinerja )

Tes tertulis


Tes observasi Tes contoh kinerja

Pilihan ganda/ uraian singkat

Lembar observasi Lakukan dasar pukulan

bagaimana posisi tangan saat melakukan pukulan ?

bagaimana posisi gerakan tangan benar ?

bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan pukulan ?

berani mengakui keunggulan lawan dan menghormati lawan

a. Teknik Penilaian
1. Tes Unjuk Kerja ( psikomotor )
Lakukan teknik dasar pukulan dan langkah keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian dengan
rentang nilai antara 1 sampai 4

Jumlah skor yang di peroleh
NILAI =--------------------------------------------------------- x 50
Jumlah skor maksimal

2. Tes observasi ( evektif )
Lakukan tehnik dasar pukulan dan langkah nilai dengan menekankan pada nilai kebranian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri.
Keterangan :
Berikan tanda cek ( ) pada kolom yang sudah di sediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan prilaku yang di harapkan. Tiap prilaku yang di cek ( ) mendapat nilai 1

Jumlah skor yang di peroleh
NILAI =--------------------------------------------------------- x 30
Jumlah skor maksimal


3. Kuis/ Embedded ( kognisi )
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam tehnik dasar kuda-kuda dan langkah keteranngan :
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, denagan rentang nilai antara 1 sampai 4

Jumlah skor yang di peroleh
NILAI =--------------------------------------------------------- x 20
Jumlah skor maksimal

Nilai akhir yang di peroleh peserta didik=

Nilai tes ujian kerja + nilai observasi + nilai


RUBRIK PENILAIAN
TES CONTOH KINERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT


Aspek Yang di nilai
Kualitas gerak
1 2 3 4
1. Saat melakukan pukulan posisi tangan mengepal lurus kedepan
2. Saat melakukan pukulam bahu tidak diangakat
Jumlah
Jumlah skor Maksimal : 8


RUBRIK PENILAIAN
TES OBSERVASI PRILAKU DALAM PENCAK SILAT

Prilaku yang di harapkan Cek
1. Berani ( tidak ragu-ragu saat melakukan serangan )
2. Jujur ( mengakui keungulan lawan )
3. Menghormati lawan ( tidak melukai / mecelakai lawan.)
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 3


RUBRIK PENILAIN
TES CONTOH KINERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT


Pernyataan yang di lakukan
Kaulitas jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana posisi tangan saat melakukan pukulan?
2. Bagaimana posisi badan saat mealakukan pukulan?
3. Bagaimana posis jari saat melakukan pukulan?
Jumlah
Jumlah skor Maksimal : 12



Pontianak,05 0ktober 2010
mengetahui
Dosen Mahasiswa


Zusyah Porja,S.Pd Imam Safitri

0 comments:

Post a Comment

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.